Assalamu’alaikum, kembali lagi bertemu di halaman ini dengan tema berbeda yess kali ini adalah rangkuman kegiatan Alphabet Learning – Letter C. Selamat membaca dan jangan pernah bosan mampir di sini yaa…
C is for Chopstick

Keterampilan hidup jangan lupa dilakukan hehe kelihatannya sepele tetapi memiliki banyak manfaat untuk anak-anak dalam menjalani hari-harinya kelak. Selain mengisi air ke dalam cup kecil, kegiatan keterampilan hidup lain yang kami pilih untuk tema huruf C adalah menggunakan sumpit untuk memindahkan benda dari satu mangkuk ke mangkuk yang lain. Benda yang kami gunakan adalah penghapus mini.

 

C is for Cup

Kalau kegiatannya berhubungan dengan air pasti gembiranya minta ampun! Kegiatan ini adalah kegiatan keterampilan hidup, bunda gunakan teko kecil berbahan keramik diisi dengan air berwarna, tugas anak-anak adalah menuangkan air tersebut ke dalam cangkir-cangkir kecil, tidak terlalu sedikit dan tidak pula berlebihan. Jadi mereka belajar menuangkan air sekaligus mengira-ngira sebanyak apa isinya.

C is for Cup

Dengan menggunakan cup jenis lain bunda berikan kegiatan yang berbeda. Sebelumnya mengisi air ke dalam cup berbahan keramik, kali ini menyusun cup berbahan plastik membentuk piramida. Anak-anak perlu fokus agar piramidanya seimbang. Setelah itu bunda berikan beberapa pompom dan capitan, tugasnya adalah mengisi cup dengan pompom menggunakan capitan kecil.

C is for Cloud

Kegiatan ini meliputi tiga hal, pertama menggambar pelangi lalu mewarnainya dengan cat air, kemudian menempelkan kapas sebagai awan di kedua ujung pelangi.

C is for Caterpillar

Dalam satu tema bunda selalu memasukan kegiatan craft untuk anak-anak. Pada tema huruf C, craft yang kita buat adalah ulat. Bahannya mudah hanya kertas art foam dan double tape. Bunda yang buatkan daunnya kemudian adek Tita yang meyusun lingkaran membentuk ulat dan memberinya mata.

 C is for Car

Poin dalam kegiatan ini adalah anak-anak boleh bermain sesuai imajinasinya, tema ini dilengkapi dengan berbagai jenis mobil dan alas bermain. Sambil bermain sambil menyebutkan jenis mobilnya beserta fungsinya.

C is for Continent

Next post bunda mau share produk-produk edukasi yang bunda beli di Ayo Dulinan yaa hehe salah satunya ini, alas kerja dengan tema benua. Tak hanya alasnya saja, alas ini dilengkapi dengan artfoam berbentuk benua dimana anak bisa mencocokan dan meletakkan nama benua yang sesuai. Kegiatan ini kami lengkapi dengan membaca buku Montessori Map Work, lalu meletakkan hewan di negara asalnya.

C is for Carrot

Kegiatannya adalah membuat wortel menggunakan kertas origami. Karena kehabisan kertas origami warna oranye akhirnya kami gunakan kertas biasa lalu diwarnai dengan cat air. Anak-anak bunda ajarkan untuk menggunting membentuk segitiga, selanjutnya menggunting kertas gliter berwarna hijau menggunakan gunting craft yang hasilnya bisa dilihat pada gambar di atas. Kegiatan ini turut melatih kemampuan menggunakan gunting juga kemampuan mengatur banyak tidaknya penggunaan lem.

C is for Cart

Lebih lengkapnya adalah shopping cart hehe. Bermain jual beli menggunakan permainan shopping play yang dapat dibeli di Dunant Kits. Isinya lengkap, ada gambar gerobak belanjanya, daftar belanja, juga barang-barang yang dijual. Bunda belikan miniatur shopping bag di ace hardware, kita gunakan miniatur tersebut karena nampaknya lebih seru hehehe.

C is for Crown

Ini juga kegiatan craft tambahan dengan tema huruf C. Bunda buatkan pola mahkotanya, tugas anak-anak adalah menghiasnya dengan sticker lucu berbentuk diamond dengan banyak warna. Setelah selesai mereka pun bermain ala princess.

C is for Chicken
Tidak lengkap rasanya kalau belajar tanpa toob hahaha, salah satu koleksi safari ltd seri life cycle kami adalah siklus hidup ayam. Seperti biasanya pelengkapnya adalah pasir bermain, tanaman hias juga kandang ayam. Anak-anak mempelajari siklus hidup ayam sambil brmain sensori.
C is for Career
Mengenal beberapa profesi lewat permainan puzzle ini, anak-anak mencocokan mana topi yang sesuai dengan baju profesinya. Kegiatan yang mudah, cepat, namun cukup memberikan mereka gambaran tentang profesi yang ada di sekitar.
Ada tiga kegiatan lagi yang tidak hadir dihalaman ini karena bunda kehilangan fotonya hehe, kegiatan tersebut adalah…
C is for Color, bermain puzzle warna.
C is for Count, berhitung menggunakan counter produk dari Ayo Dulinan.
C is for Clock, mengerjakan buku wipe & clean tentang waktu.

Okay, sekian dan terima kasih. Kita akan lanjutkan lagi dengan rangkuman kegiatan homeschool-bundamika yang lain dihalaman selanjutnya yaa.

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: