You've successfully subscribed to Ratnassaleh
Great! Next, complete checkout for full access to Ratnassaleh
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.
Mengenal Huruf N

Mengenal Huruf N

Ratnassaleh
Ratnassaleh

Salaam semuanya, mashaAllah terakhir post itu bulan Agustus dan sekarang sudah dipenghujung tahun. Jadi selama 4 bulan kemarin aku dapat kerjaan freelance, nah ini lumayan menyita pikiran dan tenaga yang akhirnya blognya kepending juga. Bahkan kegiatan after school dan kurikulum Islami pun turut kepending huhuhu plus sekarang cmco lagi nih anak-anak sekolah online dan ternyata aku banyak alesan ya LOL padahal kalo komitmen ya mau gimanapun tetep bisa dilakukan (jangan ditiru -_-). Anyway, langsung saja kepada rangkuman kegiatan dengan tema huruf N berikut ini...

  • N is for Nail
  • N is for Name
  • N is for Nest
  • N is for November
  • N is for Number
  • N is for Noun

N is for Nail. Lebih kepada pelajaran tentang pentingnya menjaga kebersihan kuku. Saat kegiatan ini aku juga turut menjelaskan baiknya memotong kuku pada hari Jumat dan mengajarkan mereka memotong dengan urutan sesuai sunnah. Jadi kegiatan ini gak cuma melatih keterampilan menggunting ya tapi juga belajar sunnah.

N is for Name. Kegiatan ini diisi dengan kegiatan open ended play. Anak-anak bebas berkreasi menggunakan lego untuk membentuk nama mereka sendiri.

N is for Nest. Kalau yang ini kegiatan seni kratif. Diawali dengan nature walk mengumpulkan dedaunan dan ranting-ranting. Selanjutnya kita tempel pada kardus berbentuk lingkaran.

N is for November. Belajar nama-nama bulan dengan cara yang menyenangkan. Seperti apakah yang menyenangkan itu? Tentunya sesuai dengan kesukaannya anak-anak. Jadi karena Mika dan Tita suka kegiatan menggambar, yauda dapatlah ide ini. Mereka menggambar hiasan untuk setiap nama-nama bulan, jadi sambil menggambar dan mewarnai mereka juga menyebut nama-nama bulan tersebut.

N is for Number. Untuk kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian, satu bagian sesuai dengan kemampuan Tita dan satu bagian lain sesuai kemampuan Mika.

ambil angka dalam misteri box kemudian tuliskan nama angka tersebut (untuk Mika saat itu 6 tahun)
menghitung rempah-rempah kemudian cari angka yang sesuai (untuk Tita saat itu 4 tahun)

N is for Noun. Ini pelajaran grammar tambahan untuk Mika agar lebih paham tentang noun (human, animal, place, thing). Kegiatannya simpla aja, bunda kumpulkan berbagai mainan kemudian Mika sortir sesuai kelompoknya.

See you on the letter Ooooooo, by the way thanks ya udah mampir disini...