You've successfully subscribed to Ratnassaleh
Great! Next, complete checkout for full access to Ratnassaleh
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.
Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Ratnassaleh
Ratnassaleh

Setelah mengalami miss language, akhirnya bunda putuskan untuk menggunakan satu bahasa di rumah. Mentari yang saat mulai belajar berbicara lebih sering mendengar bahasa Indonesia namun bercampur dengan bahasa Inggris menghasilkan pecampuran bahasa yang hmmm okey miss language (campur sari). Komitmen ini dimulai dengan deal bahasa yang dipakai di rumah dengan Mikayla, bahwa di rumah kita selalu gunakan bahasa Inggris supaya Mentari lebih terlatih lagi. Alhamdulillah atas kemudahan Allah setelah 5 bulan (kurang lebih) komitmen ini membuahkan hasil. Bahasa Inggrisnya jauh lebih baik, dari segi grammar membaik, dari segi penyampaian baik, pun dari segi keberanian untuk berbahsa Inggris dengan teman-teman sebayanya ada peningkatan.

Kok bahasa Inggris? Karena saat ini kita tinggal di negara Malaysia, di sekolah anak-anak menggunakan bahasa pengantar Inggris maka bahasa Inggris menjadi bahasa yang kami pilih untuk berkomunikasi baik di dalam rumah maupun luar rumah.

Tahap selanjutnya adalah bunda mulai mengenalkan sight word. Bisa dibilang Mentari terlalu dini untuk sekolah (bagi saya). Planning saya adalah ia bersekolah saat usia 5 tahun, nemun ia bersekolah di usia 4 tahun. Bisa dibayangkan usia 6 tahun kurang 1 bulan ia lulus kindy lalu akan melanjutkan ke jenjang primary yang dalam hal ini "kudu punya bekal bisa membaca teks buku dalam bahasa Inggris". Challenge untuk bundanya, karena bisa saja saat ini belum momentum untuk Mentari untuk bisa dengan mudah mempelajari sight word, tetapi inilah "challenge" bunda tetap mencoba tahap demi tahap, perlahan namun konsisten dengan metode yang menyenangkan akan mengajarkan Mentari basic sight word untuk anak kindergarten.

Berikut tahapan yang bunda lakukan untuk Mentari, semoga bisa memberikan sedikit solusi bunda-bunda yang ingin mengajarkan bahasa Inggris kepada buah hati.

  • Berkomunikasi dengan bahasa Inggris di rumah dengan seluruh anggota keluarga. Ini adalah cara yang paling mudah agar pandai berbahasa Inggris.

  • Memanfaat bahan yang ada di rumah untuk membuat basic sight word dan buku bacaan sederhana

Basic Sight Word for Kindergarten

Gunakan saja bahan-bahan yang ada di rumah, bisa kotak sereal bekas, kertas A4, kertas origami, kalau bunda kebetulan masih ada stok art foam jadi dibuatlah seperti gambar di atas.

Sight Word -at

Sebagai langkah awal, bunda buatkan sight word berakhiran -at, CAT, BAT, MAT, PAT, RAT, HAT. Bunda buat huruf c, b, m, p, r, h, terpisah dengan -at seperti tampak pada gambar di atas.

Membuat buku kecil untuk latihan membaca dengan sight word berakhiran -at

Untuk tulisan dalam buku kecil ini saya dapatkan dari free worksheet yang dibagikan oleh www.measuredmom.com bunda-bunda bisa dapatkan free workbook disana dengan tampilan yang sangat bagus tulisan beserta gambar, berhubung bunda versi hemat dan seadanya jadilah gak diprint dan dibuat manual seperti ini hehe :) Untuk proses selanjutnya insyaAllah akan bunda share kembali disini. Terima kasih yang sudah mampir dan membaca yaa :)