Belajar Warna

by | Apr 14, 2018 | 0 comments

Salah satu benefit mengikuti challenge yang diadakan di dunia per-IG-an adalah emak jadi lebih sibuk mencari ide bermain pun menambah kegiatan bermain sambil belajar di rumah. Seperti saat ini saya tengah mengikuti challenge, pada jadwal minggu pertama diisi dengan kegiatan pengenalan warna. Mika sudah mengenal warna sejak usia 2 tahun, namun saat itu dalam bahasa Inggris. Memasuki usia 3 tahun saya kenalkan nama warna dalam bahasa Indonesia. Nah kali ini saya mengulang dan mencoba mengikuti tahapan demi tahapan pengenalan warna dengan metode montesssori. Well, saya belum pernah mengikuti workshop atau kuliah whatsapp montessori, saya belajar montessori dari buku juga website yang sejujurnya masih butuh banyak belajar. Okaaay, sekarang kita rangkum saja proses pengenalan warna!

Untuk material tablet warna Kotak Warna 1,2, dan 3 saya buat sendiri #DIYBundamika, insyaAllah tutorial membuat aparatus atau mainan lain juga akan saya bagian di akun youtube, stay tune hohoho!

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Printable kotak warna
  2. Kayu lapis
  3. Plastik laminating
  4. Lem kayu

Untuk printable saya unduh di www.indonesiamontessori.com

Jadinya seperti ini…

 

Pengenalannya melalui 3 tahap pembelajaran. Saya rangkum menurut yang saya pahami ya disini.

Tujuan: Mengembangkan persepsi visual pada anak juga melatih koordinasi mata dan tangan

KOTAK WARNA 1

Dibutuhkan tablet warna primer masing-masing satu pasang. Kemudian kita susun secara horizontal atau vertikal lalu cari pasangannya dengan warna yang sama, undang anak untuk mencobanya.

Mengenalkan namanya dengan 3 tahap: Tahap pertama ambil tablet warna merah, katakan pada anak “ini merah, coba katakan merah”. Tahap kedua keluarkan semua tablet lalu minta anak menunjuk “coba tunjuk yang mana warna merah”. Tahap ketiga kita ambil satu tablet, lalu tunjuk dan tanyakan “warna apa ini?”.

Nah agar tidak menutupi warna, peganglah bagian pinggirnya yaa.

KOTAK WARNA 2

Sama seperti kotak warna 1, kita susun warna-warna secara horizontal atau vertikal lalu cari pasangannya dengan warna yang sama. Susun 2 sampai 3 warna, merah-kuning-biru, hijau-oranye-ungu, lalu merah muda-coklat-abu, dan terakhir hitam dan putih. Undang anak mencobanya. Kemudian kita kenalkan namanya dengan 3 tahap pembelajaran, caranya sama seperti tahap pada kotak warna 1 diawali dengan warna primer dahulu.

KOTAK WARNA 3

Kotak warna 3 ini dikenalkan saat anak kita sudah menguasai kotak warna 1 dan 2. Katakan bahwa kita akan mengurutkan warna. Pada tahap ini kita mengurutkan warna dari yang paling gelap sampai yang paling terang. Durutkan dari arah kiri kekanan.

Selamat mecoba yaaa, ingat selalu jangan paksa anak untuk memahami langsung dalam sekali coba.

0 Comments

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.