DIY Playmat

by | May 24, 2018 | 0 comments

Sudah sejak lama ingin buat playmat hingga beli bahannya tapi berakhir masuk ke dalam box. Sampai akhirnya pada saat nonton tv ehh ada iklan si jagonya ayam yang hadiah kids mealnya itu Robocar Poli dan teman-temannya. Lanjut esok harinya kita kesana dan memborong hadiahnya, yup emak sama bapak turut mengalah ikutan makan kids menu demi apa coba? hahaha demi dapat hadiah lengkap! Jadi hadiahnya itu ada empat, terdiri dari Poli, Amber, Roy juga Dump. Sayang sekali karena fansnya Poli banyak jadi kita tidak kebagian saat itu. Dari sinilah muncul semangat baru karena Kaka dan Adek sangat senang memainkan Robocar Poli. Niat membuatkan mereka Playmat akhirnya bisa terealisasikan.

Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Kain putih sebagai alasnya
  2. Kain flanel hitam putih
  3. Kain flanel warna-warni
  4. Lem tembak
  5. Gunting
Nah untuk alas sebenarnya ini adalah bekas gorden. Saya kasihan liat si gorden mendem dilemari tidak dimanfaatkan dengan baik hehe. Jadilah satu lembar ukuran 2,5 x 1,5 meter saya ambil lalu bawa ke tukang jahit untuk dibagi dua dan dijahit rapi pinggirannya. Kenapa dua? karena niat awalnya adalah sebagai alas kerja Kaka dan Adek kalau bermain. Satu tetap menjadi alas kerja sedang satu lagi saya gunakan untuk membuat playmat.

Pertama-tama kita buat pola jalan rayanya dulu. Seberapa banyak bahan dibutuhkan ya tergantung seberapa besar alas yang moms inginkan. Kalau punya saya ukutannya 100 x 70 cm. Untuk ukuran ini membutuhkan kurang lebih 5 kain flanel warna hitam. Kemudian disusun pada alas dan dilem menggunakan lem tembak.

Selanjutnya gunting kain flanel warna putih berbentuk persegi panjang kecil untuk garis putih di atas jalan raya juga untuk membuat zebra cross. Kemudian kita buat bangunan pelengkapnya beserta pohon, rumput, juga bunga.
Oiaa, saya juga membuka pinterest untuk mencari referensi ide-ide yang kemudian saya kembangkan sendiri. Saya lengkapi playmat dengan gedung sekolah, kantor polisi, rumah sakit, bandara, dan rumah warga. Pada saat saya buat ini ternyata ada satu yang lupa hehe syukurnya Kaka mengingatkan untuk membuatnya, dan itu adalah lampu lalu lintas.
Setelah semua selesai digunting dan diletakkan ditempatnya masing-masing barulah kita lem menggunakan lem tembak. Sebenarnya bisa saja dijahit rapi jika moms punya waktu lebih tentunya.

Begitu selesai, ternyata anak-anak senang sekali! Dan playmat ini foldable jadi bisa dibawa kemana saja bahkan saat traveling. Selamat mencoba yaaa…

Tentang Penulis

Ratnassaleh

Ibu Rumah Tangga dengan dua anak. Saat ini tengah menjalankan profesi sebagai Home Educator untuk kedua putrinya Mikayla (4) dan Mentari (2).

0 Comments

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: