Semenjak Mika sekolah saya justru lebih tertantang untuk menyusun jadwal yang sifatnya lebih akademis. Anak sudah memasuki pendidikan formal rasanya bukan berarti bundanya bisa santai menyerahkan semua pendidikan akademisnya di sekolah.

Guru dan orang tua wajib menjadi partner yang baik, saya harus mensupport apa yang telah diterima oleh Mika di sekolah pun saya juga menyempurnakan apa yang belum diterima di sekolah.

Di sekolah ada kurikulumnya sendiri begitu pula di rumah, sebagai kepala sekolah di rumah saya pun harus menyusun kurikulum sendiri. Untuk apa sih semua ini? tentu saja untuk Mika dan masa depannya.

Panduan saya adalah metode Montessori, googling sana sini juga dari beberapa buku yang dimiliki hingga akhirnya bisa menyusun jadwal dengan baik.

Saya yakin jadwal ini penuh kekurangan, namun sebisa mungkin saya berkomitmen untuk tetap menjadi guru terbaiknya yang mendukung segala aktivitasnya. Jadwalnya terdiri atas area bahasa, matematika, sains, geografi, practical life, sensorial, biology, zoology, sejarah dan agama Islam.

Berikut saya rangkumkan jadwalnya disini beserta kegiatan yang telah kami lakukan di rumah. Semoga jadwal yang kami share bisa bermanfaat untuk siapa saja yang melakoni home educator seperti saya hehe.

Bahasa: Kartu Pink Series

Menggunakan kartu pink series dari http://www.raisingamontessorian.com tidak bunda print mengingat kertas menipis hahaha jadilah baca langsung via gadget.

Karena di sekolah dia juga latihan membaca tiap pagi maka prosesnya jauh lebih mudah.

Kini Mika sudah lanjut ke buku latihan membaca yang lebih sempurna kalimatnya. Berikut penampakan bukunya yaa, belinya di toko dekat rumah.

Matematika: Menyusun benda berdasarkan panjang dan diameternya

Bunda kumpulkan benda-benda sebagai media belajar area matematika ini. Seperti DIY red rods, sedotan, dan knobbed cylinder.

Menyusun mulai dari yang terpendek hingga yang terpanjang, mulai dari diameter terkecil hingga terbesar.

DIY red rods dibuat dengan artfoam, printablenya dari dari Buku Aktivitas Matematika Montessori di Rumah karya Elvina Lim Kusumo.

Geografi: Darat, Air, dan Udara

Pertama bunda buatkan sensory jar dengan menyediakan tiga buah toples. Kalau yang ini menggunakan toples bekas kue lebaran, tapi sebenarnya banyak dijual di toko klontong.

Ada yang bahannya kaca juga plastik. Toples pertama diisi dengan tanah yang berarti darat, toples kedua diisi dengan air yang telah diberi pewarna biru yang berarti air, sedang udara dikosongkan saja toplesnya.

Lalu bunda selipkan satu buah animal figure pada masing-masing toples sesuai dengan dimana habitat mereka tinggal. Harimau di darat, burung di udara, dan ikan di air.

Selanjutnya mengelompokkan hewan menggunakan printable yang bisa diunduh disini http://www.pinayhomeschooler.com

Setelah mengenalkan hewan-hewan yang berjalan di darat, berenang di air dan terbang di udara, selanjutnya dengan tema yang sama bunda juga kenalkan berbagai kendaraan.

Kendaraan yang berjalan di darat, berlayar di air dan terbang di udara. Untuk kegiatan ini bunda buatkan DIY Land Air Water menggunakan box bekas dan kain flanel.

Kalau kita punya toobs lengkap rasanya asik banget ya hehe hanya saja bunda tidak punya, jadi untuk melengkapinya bunda gunakan mainan kendaraan yang ada di rumah saja.

Sampai disini dulu ya, karna kalau dishare dalam satu halaman bikin lieur hahaha.

Bunda akan lanjutkan tulisan tentang Jadwal Belajar Mika, Agustus 2018 dipost selanjutnya yaa… Akan ada area sains, biologi dan practical life. CU on Jadwal Belajar Mika, Agustus 2018 (part 2) ya!


%d bloggers like this: