Seputar Sensory Play (part 2)

by | May 12, 2018 | 2 comments

Setelah kemarin saya share sedikit tentang sensory play, kini saya akan share jenis-jenis permainan sensory yang bisa kita lakukan di rumah bersama buah hati. Kita bagi menjadi 6 bagian yaa..

1. Indra Penglihatan

BERMAIN BAYANGAN : Lampu dimatikan dan ruangan pun gelap, lalu dengan cahaya senter Kaka dan Adek pun asik bermain dengan bayangan. Bayangan tangan, bayangan hewan mainan, juga bayangan bentuk.

MENCAMPUR WARNA : Bunda ajak Kaka dan Adek mencampur warna, pencampuran ini cukup membuat mereka kagum karna dua warna atau lebih yang tercampur menghasilkan warna-warna baru. Untuk kegiatan mencampurkan warna ini kami menggunakan susu dan sabun.

BOTOL SENSORI : Mainan sejuta umat hehehe, dengan modal botol bekas minuman air mineral juga waterbeads, sudah cukup membuat anak-anak senang. Apalagi mereka terlibat untuk memasukkan air ke dalam botol menggunakan corong juga memasukkan waterbeads menggunakan otot pincer grasp-nya dimana ini baik untuk motorik halus mereka.

2. Indra Pendengaran

TEBAK SUARA : Permainan ini membutuhkan surprise egg yang bisa dibuka dan ditutup. Kita bisa masukkan benda-benda kedalamnya dan minta anak-anak menebak suara yang cocok dengan benda aslinya.

3. Indra Penciuman

BAU APA INI? : Permainan ini sederhana sekali, Kaka bunda minta untuk mengenal berbagai jenis bau-bauan yang berasal dari rempah-rempah. Bahannya pun mudah didapatkan, hanya yang ada di dapur seperti serai, bawang, kunyit, jahe, dan cengkeh.

4. Indra Peraba

Permainan sensori menggunakan indra peraba adalah yang paling sering dilakukan di rumah. Mulai dari bermain PLAY DOUGH, PASIR, BERAS, SOFTEE DOUGH hingga BUBBLE PLAY. Berikut foto-foto kegiatan Kaka dan Adek yang pernah menggunakan beberapa bahan tersebut.

5. Indra Pengecap

APA RASANYA? : Bahan yang saya gunakan dalam permainan sensori ini adalah garam mewakili rasa asin, gula merah dan madu mewakili rasa manis, dan yakult mewakili rasa asam.

6. Indra Keseimbangan dan Pergerakan

BERJALAN MENGIKUTI GARIS : Bahannya adalah lakban warna. Ditempelkan di lantai membentuk garis-garis. Cara bermainnya adalah berjalan mengikuti garis dari awal hingga garis akhir.

Alhamdulillah, inilah jenis-jenis permainan sensori yang pernah kami lakukan di rumah. Kegiatan sederhana dan mostly dengan bahan yang ada di rumah. Semoga kita terus bisa membersamai buah hati untuk bermain karna sesungguhnya pada saat bermain mereka belajar banyak hal.

Semakin banyak pengalaman yang mereka dapat, semakin banyak bank data di dalam otak yang tersimpan. Semakin sering distimulus maka otaknya semakin kokoh. Semakin sering bermain bersama buah hati, semakin tinggi ikatan batin dan kedekatan bersamanya.

Tentang Penulis

Ratnassaleh

Ibu Rumah Tangga dengan dua anak. Saat ini tengah menjalankan profesi sebagai Home Educator untuk kedua putrinya Mikayla (4) dan Mentari (2).

2 Comments

  1. Indri

    Masyaallah kratif membantu sekali buat bermain nt sama kk L makasih

    Reply
    • Bunda

      Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya bunda L 😘😘

      Reply

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: