Select Page

Berhitung Dengan Spindle Box

by | May 2, 2018 | 2 comments

Dulu kepingin buat DIY Spindle Box tapi gak pernah direalisasikan. Akhirnya malah beli aparatus ala ala hahaha tapi tidak mengurangi fungsinya. Dan beginilah penampakannya…

Terdiri atas 2 box yang sama dengan numeral 0-4 dan 5-9. Dalam satu box berisikan masing-masing 5 wadah. Sedangkan stiknya berjumlah 45 buah.

Pada awalnya saya hanya menebak-nebak, sepertinya mainnya begini ya terus begitu yaa hehe jangan ditiru ya! Sampai ketika akhirnya saya baca-baca di berbagai blog dalam dan luar negri hingga menonton presentasinya di youtube.

Saya rangkum disini semoga bahasa penyampaiannya mudah dimengerti yaa..

Jadi… Spindle box adalah kegiatan dasar dalam kurikulum matematika montessori. Meski ini kegiatan sederhana namun penting untuk dipahami. Ada beberapa tujuan dalam menggunakan Spindle Box, yaitu:

1. Anak dapat menghitung dengan teliti

2. Anak mengetahui bahwa simbol angka mewakili sejumlah benda

3. Mengenal konsep nol dan simbolnya

4. Mengurutkan angka-angka

5. Melatih otot genggaman anak

Dengan menggunakan spindle box anak diajak untuk menghitung dengan cermat. Sebelum memasukkan ke dalam box, maka perlu dihitung dengan teliti. Dan jika nanti ketika selesai masih ada stik yang berlebih atau kurang, anak bisa memahami bahwa ada yang salah dalam proses menghitungnya (control of error). Disini anak juga akan melihat bahwa 0 itu artinya kosong dan tidak ada isinya.

Ketika menghitung, stik dipegang dengan satu tangan. Selain berfungsi untuk melatih otot genggaman anak hal ini turut memberikan pemahaman jika memegang 1 stik itu jumlahnya sedikit sedangkan memegang 9 stik itu jumlahnya banyak.

Ketika memainkan Spindle Box, bisa dimulai dengan satu box dahulu 0-4 namun jika anak sudah mahir bisa dilakukan langsung dua box 0-9. Pastikan anak menghitung setiap stik dengan teliti dan meletakkannya pada tangan. Saya selipkan videonya yaa…
Spindle Box bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Misal membuat boxnya menggunakan kardus, atau membeli basket panjang kecil 10 buah. Untuk stiknya bisa menggunakan stik es krim, sedotan, pensil, yang penting adalah satu warna dan jumlahnya harus pas yaitu 45 buah. Jangan lupa numeralnya yaaa bisa dibuat sendiri menggunakan kertas kemudian dilaminasi.

Selamat mencoba dan berhitung bersama buah hati 💕

Tentang Penulis

Ratnassaleh

Ibu Rumah Tangga dengan dua anak. Saat ini tengah menjalankan profesi sebagai Home Educator untuk kedua putrinya Mikayla (4) dan Mentari (2).

2 Comments

  1. Ayu

    Kerenn bunda mika dan mentari…bermanfaat banget😘

    Reply
    • Bunda

      Alhamdulillah…jazakumullahu mak Alea 😘😘

      Reply

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: